Ms. Word

MICROSOFT WORD

Cara yang umum dilakukan adalah dengan cara sebagai berikut :
1. Klik tombol Start + Program + Microsoft Word

1. Perpindahan Kursor
a. Menggunakan keyboard :
Panah kanan : pindah satu karakter ke kanan
Panah kiri : pindah satu karakter ke kiri
Panah bawah : pidah satu baris ke bawah
Panah atas : pindah satu baris ke atas
Ctrl + panah kiri = pindah satu kata ke kiri
Ctrl + panah kanan = pindah satu kata ke kanan
Ctrl + panah bawah = pindah satu paragraf berikutnya
Ctrl + panah atas = pindah satu paragraf sebelumnya
Ctrl + Home = pindah ke awal dokumen
Ctrl + END = pindah ke akhir dokumen
Ctrl + PgUp = pindah ke ujung atas layar
Ctrl + PgDown = pindah ke ujung bawah layar

b. Menggunakan Mouse :
Pindahkan mouse sesuai posisi yang diinginkan dan klik mouse ke tempat tersebut.

2. Menghapus Teks
BACKSPACE : Hapus karakter yang disebelah kiri kursor
DELETE : Hapus karakter yang disebelah kanan kursor
Ctrl + BACKSPACE : Hapus satu kata di kiri kursor
Ctrl + DELETE : hapus satu kata di kanan kursor
3. Block Teks / Naskah
a. menggunakan keyboard
shift + panah kanan = blok 1 karakter ke kanan kursor
shift + panah kiri = blok 1 karakter ke kiri kursor
shift + ctrl + panah kiri = blok hingga ke awal kata
shift + ctrl + panah kanan = blok hingga ke akhir kata
shift + home = blok hingga ke awal baris
shift + end = Blok hingga ke akhir baris
shift + ctrl + Home = blok hingga ke awal dokumen
shift + ctrl + End = blok hingga ke akhir dokumen
ctrl + a = blok semua isi dokumen
b. menggunakan mouse
arahkan mouse ketempat tujuan yang diinginkan :
teks bebas : klik + tahan + geser ke kiri/ kanan
satu kata : double klik pada kata tersebut
satu baris : klik dari kiri margin
satu paragraf : double klik dari kiri paragraf
satu kalimat : tekan + tahan tombol “ctrl” + Klik Mouse
satu kolom : tekan + tahan tombol “alt” + klik dan drag mouse

4. Mengatur Gaya Tampilan Huruf.
Anda dapat melakukan pengaturan format pada karakter dengan langkah –langkah sebagai berikut :
1. Blok karakter yang akan diformat.
2. Klik menu Format.
3. Pilih dan klik Font.
4. Klik tab Font untuk mengubah format tampilan huruf.
5. Pada kotak daftar pilihan Font Style, pilih dan klik gaya tampilan
huruf yang anda inginkan.
- Reguler, Jenis huruf normal
- Bold, Jenis huruf cetak tebal
- Italic, Jenis huruf cetak miring
- Bold Italic, Jenis huruf cetak tebal dan miring
6. Klik OK.


5. Mengubah Ukuran Huruf.
Ukuran huruf yang kita gunakan standardnya berukuran 12, ukuran huruf ini dapat kita perbesar atau kita perkecil sesuai dengan kebutuhan dengan langkah – langkah sebagai berikut :
1. Blok karakter yang akan diformat.
2. Klik menu Format.
3. Pilih dan klik Font.
4. Pilih dan klik besar ukuran huruf yng anda inginkan, atau ketik ukuran
yang anda inginkan.
5. Klik OK.

6. Mengatur Effect pada Teks.
Pada naskah ketikan kita dapat memberikan beberapa effek pada karakter dengan langkah – langkah sebagai berikut :
1. Blok karakter yang akan diformat.
2. Klik menu Format.
3. Pilih dan Klik font.
Pada kotak dialog font pilih kotak daftar dialog Effect beritanda pada:
• Strikehrough, untuk teks dicetak coret dengan garis tunggal.
• Double strikehrough, untuk teks dicetak coret dengan garis ganda
• Superscript, untuk teks ditampilkan lebih kecil dan lebih naik
• Subscript, untuk teks ditampilkan lebih kecil dan lebih turun
• Shadow, untuk teks dengan bayangan
• Outline, untuk teks dengan garis luar pada setiap karakter
• Emboss, untuk teks dengan karakter timbul
• Engrave, untuk teks dengan karakter dipahat
• Small caps, untuk huruf kecil ditampilkan dengan huruf kapital
yang ukuran lebih kecil
• Hidden, menyembunyikan teks agar tidak turut tercetak
4. Klik OK

7. Memberi Animasi Teks
Apabila diperlukan anda dapat memberi animasi pada teks yang anda pilih dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih (sorot) teks yang akan anda beri animasi
2. Pilih dan klik menu Format,
3. Kemudian Pilih dan Klik Font.
Kotak dialog font akan ditampilkan
4. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Animation.
5. Klik OK

8. Menyisipkan Simbol
Untuk menyisipkan simbol khusus pada dokumen, ikuti langkah – langkah berikut :
1. Tempatkan titik sisip di tempat anda akan menyisipkan simbol
2. Pilih dan klik menu Insert,
3. Kemudian Pilih dan Klik Symbol.
4. Pada kotak dialog tersebut, klik tab Symbols.
5. Pada Tombol daftar pilihan Font, pilih dan klik nama kelompok simbol
yang akan dipakai.
6. Pada kotak daftar simbol, pilih dan klik simbol yang anda inginkan.
7. Untuk menyisipkan simbol yang telah dipilih, klik tombol perintah Insert.
Atau klik 2x pada simbol yang anda inginkan.

9. Mengubah Jenis Huruf
Untuk mengubah jenis huruf dengan gaya huruf yang berbeda dapat kita lakukan dengan langkah sebagai berikut :
1. Pilih (sorot) teks yang akan anda ubah jenisnya
2. Pilih dan klik menu Format,
3. Kemudian Pilih dan Klik Font.
4. Pada kotak dialog Font, Pilih Jenis Huruf yang diinginkan
5. Klik OK.

Latihan….
1. Tuliskan dua cara untuk untuk mengatur format karakter/Teks?
2. Tuliskan langkah – langkah untuk Mengubah Gaya tampilan huruf.
3. Tuliskan langkah – langkah untuk mengubah ukuran huruf.
4. Tuliskan langkah – langkah untuk mengatur jarak antar karakter.
5. Tuliskan langkah – langkah untuk memberi animasi pada teks.
6. Tuliskan langkah – langkah menyisipkan symbol pada naskah
7. Tuliskan untuk mengubah jenis huruf.



Operasi File
1.Menyimpan Document
Menyimpan Document kedalam Harddisk.
1. Klik Menu File, pada baris menu
2. Klik Save
3 Ketik Nama file baris File Name
4. Klik Save
2.Menutup Document
1. Klik menu File
2. Klik Clouse

3.Membuka Document
3.1 Membuka Document Baru
1. Klik Menu File
2. Klik New
3. Klik OK

3.2 Membuka Document yang pernah diketik
1. Klik Menu File
2. Klik Open
3. Klik nama file yang akan dibuka
4. Klik Tab Open

3.3 Membuka Document yang berda di flashdisk
1. Klik Menu File
2. Klik Open
3. Klik drop down yang terdapat pada Tab Look in :
4. Pilih dan Klik (USB:)
5. Klik nama file yang akan dibuka
6. Klik Tab Open

4.Keluar dari MS Word
1. Klik Menu File
2. Klik Exit


Latihan …
1. Sebutkan langkah – langkah untuk mengaktifkan Microsoft Word.
2. Sebelum memulai pengetikan ada beberapa langkah yang harus diperhatikan
agar ketikan terlihat rapi, sebutkan.
3. Untuk memformat naskah ketikan ada 4 perapian nakah yang disediakan
Microsoft Word, Sebutkan masing – masing dan jelaskan kegunaannya.
4. Tuliskan langkah – langkah untuk menyimpan dokumen kedalam media
penyimpanan harddisk.
5. Tuliskan langkah – langkah untuk menutup Dokumen
6. Tuliskan langkah – langkah untuk Mematikan Komputer


Menyunting Teks
1. Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks tertentu, ikuti langkah berikut :
1. Pilih (sorot) teks yang di hapus
2. Tekan tombol Delete pada Keyboard.

2. Mengcopy Teks.
1. Pilih (sorot) teks yang akan di copy
2. Pilih menu Edit,
3. Kemudian Pilih dan Klik Copy, atau (Ctrl + C) pada keyboard atau tekan
tombol toolbar Copy
4. Pilih dan klik titik sisip pada pada lokasi baru
5. Pilih dan klik menu Edit,
6. Kemudian pilih dan klik Paste, atau (Ctrl + V) pada keyboard, atau tekan
tombol toolbar Paste

3. Memindahkan Teks.
1. Pilih (sorot) teks yang akan dipindahkan
2. Pilih dan klik menu Edit,
3. Kemudian pilih dan klik Cut, atau (Ctrl + X) pada keyboard, atau tekan
tombol toolbar Cut
4. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru
5. Pilih dan kritik menu Edit,
6. Kemudian pilih dan klik Paste, atau (Ctrl + V) pada Keyboard atau tekan
tombol toolbar Paste



4. Menggunakan fasilitas Undo dan Redo
Bila anda membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, anda dapat membatalkan perintah yang terlanjur telah diberikan tersebut. Misalnya anda salah menghapus suatu teks, anda dapat membatalkan penghapusan tersebut dengan memilih dan mengklik menu Edit, Undo (Ctrl + Z) atau klik tombol toolbar.
Jika anda pernah melakukan Undo, maka perintah Undo tersebut dapat anda batalkan dengan cara memilih dan mengklik menu Edit, Redo (Ctrl + Y) atau klik tombol toolbar.

Latihan….
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan menyunting Teks?
2. Tuliskan langkah – langkah untuk menghapus teks.
3. Tuliskan langkah – langkah untuk mengcopy teks.
4. Tuliskan langkah – langkah untuk Memindahkan teks.
5. Apa yang dimaksud dengan perintah Undo dan Redo ?


Paragraf
1.Memulai ketikan
Untuk membentuk format tersebut ada beberapa Icon yang tersedia pada Toolbar Standard dan Formating :
Aligh Left : Digunakan untuk pengetikan Rata Kiri
Center : Digunakana untuk pengetikan Rata Tengah
Aligh Right : Digunakan untuk pemngetikan Rata Kanan
Justify : Digunakan untuk pengetikan Rata Kanan dan Kiri
Jadi pertama sekali anda harus mengklik salah satu Icon yang dapat mengatur format tampilan dari naskah anda.



Mengatur Format Halaman

Yang dimaksut dengan mengatur format halaman diantaranya mengubah ukuran kertas, orientasi pencetakan, mengatur margin, memasang nomor halaman, memasang header dan footer, dan lain – lain.

1. Mengatur Ukuran Kertas dan Orientasi Pencetakan
Untuk mengubah ukuran kertas dan orientasi pencetakannya ikuti langkah –
langkah berikut :
1. Pilih dan klik menu File,
2. Kemudian Pilih dan Klik Page Setup,
3. Pada kotak dialog Page Setup, Klik tab Paper Size.
4. Pada tombol daftar pilihan Paper Size, pilih dan klik ukuran kertas
yang akan anda gunakan. Atau gunakan kotak Width untuk menentukan lebar
kertas dan kotak Height untuk menentukan tinggi kertas sesuai dengan
keinginan anda.
5. Pada kotak Orientation, beri tanda atau klik tombol pilihan :
Portrait, Untuk pencetakan dengan posisi tegak atau
Landscape, untuk pencetakan dengan posisi melintang
6. Pada tombol pilihan Apply To, pilih dan klik bagian dokumen yang
akan memakai ukuran kertas dan orientasi baru.
a. Whole Document, bila pengaturan ini berlaku untuk seluruh halaman.
b. This Point Forward, dengan pemilihan ini Word 2000 akan menyisipkan
tanda pemisah Continous pada posisi titik sisip dan pengaturan yang
anda pilih akan berlaku mulai dari bagian ini.
c. This Section, bila pengaturan ingin belaku hanya bagian tempat titik
sisip berada.
7. Lihat hasilnya pada kotak Preview dan klik OK untuk menutup kotak
dialog.



2. Mengatur Margin Ketikan
Mengatur batas tepi ketikan dengan batas tepi kertas dapat dilakukan dengan berikut :
1. Pilih dan klik menu File,
2. Kemudian Pilih dan Klik Page Setup.
3. Pada kotak dialog Page Setup, klik tab Margins.
4. Tentukan Batas naskah dengan tepi kertas pada kolom;
• Top : untuk pengaturan batas ketikan tepi atas naskah dengan
tepi atas kertas.
• Bottom : untuk pengaturan batas ketikan tepi bawah naskah dengan
tepi bawah kertas.
• Left : untuk pengaturan batas ketikan tepi kiri naskah dengan tepi
kiri kertas.
• Right : untuk pengaturan batas ketikan tepi kanan naskah dengan tepi
kanan kertas.
5. Klik OK.

-------------------------------------------
3. Memasang Nomor Halaman
Word 2000 menawarkan banyak pilihan untuk menempatkan dan menampilkan nomor halaman. Nomor halaman yang anda tempatkan juga merupakan bagian dari header atau footer, untuk memasang nomor halaman ikuti langkah berikut ini:
1. Pilih dan klik menu Insert,
2. Kemudian pilih dan klik Page Numbers.
3. Pada tombol daftar pilihan Position, pilih dan klik posisi dari nomor halaman yang anda inginkan.
• Top of Page (Header), untuk menempatkan nomor halaman diatas
• Bottom of Page (Footer), untuk menempatkan nomor halaman dibawah.
4. Pada tombol daftar pilihan Aligment, pilih dan klik perataan dari nomor halamana yang anda inginkan.
• Left, untuk penempatan nomor disisi kiri
• Center, untuk penempatan nomor disisi tengah
• Right, untuk penempatan nomor disisi kanan
• Inside, untuk penempatan nomor dibagian dalam halaman dengan dua muka.
• Outside, untuk penempatan nomor dibagian luar halaman dengan dua muka.
5. Nomor halaman akan muncul di seluruh halaman yang ada dalam dokumen mulai dari halaman pertama. Jika halaman pertama tidak ingin diberi nomor halaman, hilangkan pada kotak cek Show number on first page.
6. Klik tombol perintah Format, untuk memilih format nomor yang akan anda pakai
7. Klik OK

4. Melihat Tampilan Ketikan (Print Preview)
Sebelum naskah anda dicetak ke Printer, alangkah baiknya anda terlebih dahulu melihat tampilan hasil percetakannya di layar monitor.
Untuk memilih tampilan print Priview dapat dilakukan sebagai berikut :
1. Klik menu File
2. Pilih dan Klik Print Preview.
• Klik tombol One Pages untuk melihat satu halaman utuh.
• Klik tombol Multiple untuk melihat eberapa halaman
• Klik panah dropdown Zoom untuk melihat persentase pembesaran
• Klik tombol Shrink to fit untuk memaksa dokumen menjadi satu halaman
• Klik tombol Full Screen untuk menampilkan dokumen sepenuh layar
3. Setelah selesai, Klik tombol close pada tombol Print preview.


5. Mencetak Dokumen Ke Printer.
Langkah – langkah untuk mencetak dokumen ke Printer :
1. Klik Menu File
2. Pilih dan Klik Print
3. Pada tombol daftar pilihan Name yang ada pada kotak perinter, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
4. Anda dapat menentukan halaman yang akana anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page range
 All, bila anda ingin mencetak seluruh dokumen
 Current page, bila anda ingin mencetak isi dari halaman tempat titik sisip berada.
 Pages, bila anda ingin mencetak halaman tertentu saja.
 Selection, bila anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
5. Isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
 All pages in range, untuk mencetak halaman genap maupun halaman ganjil.
 Odd pages, untuk cetak halaman ganjil saja
 Even pages, untuk mencetak halaman genap saja
7. Pada tombol daftar pilihan Pages per sheet yang ada pada kotak Zoom, pilih dan klik banyaknya halaman yang ingin tercetak pada setiap halaman kertas.
8. Pada tombol daftar pilihan Scale to paper size yang ada pada kotak Zoom, pilih skala ukuran pencetakan untuk menyelesaikan dengan ukuran kertas yang akan anda gunakan.
9. Klik OK

6. Memformat Dokumen ke Bentuk Kolom
Untuk memformat dokumen ke dalam bentuk kolom, ikuti langkah berikut ini :
1. Tempatkan titik sisip di tempat yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan Anda.
2. Pilih dan Klik menu Format,
3. Kemudian Pilih dan Klik Coloumns
4. Pilih dan klik bentuk format kolom yang akan anda buat.
• One, untuk mengembalikan ke pengetikan dokumen satu kolom
• Two, untuk pengetikan dua kolom dengan lebar sama.
• Three, untuk pengetikan tiga kolom dengan lebar sama
• Left, untuk pengetikan dua kolom dengan lebar kolom yang kiri lebih kecil dari lebar kolom yang kanan
• Right, untuk pengetikan dua kolom dengan lebar kolom yang kanan lebih kecil dari lebar kolom yang kiri.
5. Jika diperlukan anda dapat menentukan jumlah kolom yang anda inginkan melalui kotak pilihan Number of coloumns.
6. Jika anda menginginkan lebar setiap kolom adalah sama, beritanda atau klik kotak cek Equal coloumn width. Hilangkan tanda pemilihannya, jika anda ingin menentukan sendiri lebar masing-masing kolom pada kotak Width and Spacing.
• Width, untuk menentukan lebar kolom
• Spacing, untuk menentukan jarak dengan kolom berikutnya.
7. Beri tanda atau beri kotak cek Line between, untuk memberikan garis batas antar kolom
8. Pada tombol daftar pilihan Apply to, lakukan pemilihan berikut ini :
• Selected Section, daerah pengetikan kolom berlaku pada bagian yang anda pilih (sorot). Pilihan ini hanya muncul jika sebelumnya anda telah memilih beberapa bagian dokumen.
• Selected Text, daerah pengetikan kolom berlaku pada teks yang anda pilih (sorot). Pilihan ini hanya muncul jika anda sebelumnya telah memilih teks. Word 2000 akan menyisipkan tanda pemisah bagian sebelum dan sesudah teks yang anda pilih.
• This Point Forward, daerah pengetikan kolom berlaku mulai dari posisi titik sisip sampai akhir dokumen.
• Tis Section Option, daerah pengetikan kolom berlaku pada bagian tempat titik sisip berada.
• Whole Document, daerah pengetikan kolom,berlaku untuk seluruh dokumen.
9. Klik OK

Latihan……
1. Apa yang dimaksud mengatur format halaman?
2. Tuliskan langkah – langkah untuk mengubah ukuran kertas dan orientasinya.
3. Tuliskan langkah – langkah untuk mengatur margin ketikan.
4. Tuliskan langkah – langkah untuk memasang Nomor halaman
5. Tuliskan langkah – langkah untuk Melihat naskah kelayar sebelum dicetak.
6. Tuliskan langkah – langkah mencetak dokumen ke Printer
7. Tuliskan langkah – langkah untuk mebuat dokumen ke bentuk coloum



0 komentar:

Posting Komentar

by : 2008