Mengenal Web Browser

Mengenal Web Browser
Setiap Anda membuka internet, Anda harus memakai browser. Tanpa browser, siapapun tak akan bisa masuk ke dunia internet. Lalu apakah pengertian browser internet itu? Internet browser adalah sebuah program aplikasi. Program yang dirancang untuk menguraikan dan menampilkan teks, gambar, dan menyediakan berbagai interaksi kita dengan internet.

Browser internet atau juga internet browser harus diinstal pada sistem komputer Anda. Browser internet memungkinkan kita untuk mengakses world wide web atau akses LAN (local area network). Internet browser umumnya disebut web browser untuk mengkases website yang berisi kata-kata, gambar, audio, video, dan hyperlink ke halaman lain dalam bentuk HTML.

Browser internet pada awalnya dikembangkan untuk berbagi dokumen teks di antara sejumlah kecil individu. Kemudian tumbuh dengan cepat dan mencapai jutaan di seluruh dunia. Pengertian browser juga bisa diartikan sebagai sebuah program yang diperlukan untuk melihat dan berinteraksi dengan website.

Website ini sebenarnya ditulis dalam kode komputer. Gambar, video, game, teks, link ke website lain dan semua yang Anda lihat tidak akan bisa ditampilkan tanpa menggunakan browser internet.

Sejarah

Pengertian browser dari sejarah adalah bahwa pertama kali web browser diciptakan pada 25 Desember 1990. Penciptanya adalah Tim Berners-Lee, dari Inggris. Mereka menamakannya world wide web dan didistribusikan ke beberapa orang CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) di bulan Maret tahun berikutnya. Beberapa browser internet dikembangkan pada tahun 1992, di antaranya adalah libwww, Line-mode, Erwise, ViolaWWW, Midas, dan Samba.

Mosaic, Arena, Lynx, dan Cello adalah browser internet yang dirilis pada tahun 1993. Opera, Navipress, dan Mozilla diciptakan pada tahun 1994. Microsoft merilis browser Internet Explorer pertama pada tahun 1995. Banyak internet browser telah dirancang sejak saat itu. Beberapa browser penting yang lain di antaranya Deepnet Explorer, Avant Browser, Flock, Maxthon, Safari, dan Google Chrome.

Identifikasi

Browser internet dilengkapi dengan berbagai tombol yang sangat membantu. Tombol maju dan kembali biasanya ditemukan di kiri atas layar. Mengklik pada tombol tersebut akan membawa Anda kembali ke halaman web sebelumnya yang dilihat, atau sebaliknya. Tombol reload atau refresh akan me-reload halaman web.

Tombol home membawa Anda ke situs Anda yang dipilih sebelumnya. Tombol favorit atau "penanda" memungkinkan Anda menyimpan alamat website untuk akses di kesempatan lain dengan mudah. Tombol lain yang biasa digunakan browser meliputi pencarian, cetak, berhenti, dan banyak lainnya.

Pertimbangan

Memilih browser internet memerlukan beberapa pertimbangan. Anda harus memahami pengertian browser secara lengkap sebelumnya. Mencoba browser yang berbeda-beda memungkinkan Anda untuk menemukan berbagai keunggulan yang Anda cari. Ini termasuk kecepatan loading halaman sebuah web.

Perhatikan kelengkapan fitur seperti tab browsing, preview thumbnail, RSS feed, zoom, add-ons, cek ejaan, toolbar, dan banyak lainnya. Opsi keamanan berkaitan anti-spyware, anti-virus, anti-phishing, juga perlu diperhatikan. Anda juga harus pertimbangkan tentang jenis bantuan yang Anda terima dan sistem operasi yang Anda gunakan.

Peringatan

Internet browser harus bisa diperbarui secara teratur. Hacker komputer terus-menerus mencari cara untuk mendapatkan akses ke browser dan komputer Anda. Produsen internet browser terus meng-update keamanan dan patch atau perbaikan. Jika browser internet Anda sudah tidak bisa melakukan update otomatis, Anda harus mengaturnya untuk bisa kembali. Jika anda masih menggunakan browser lama yang ketinggalan Zaman, Anda harus menginstal browser lain yang lebih baru dan canggih.

Nah, itulah di antaranya pengertian browser internet secara umum. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.
Jika Anda mengenal internet, Anda tentunya akan mengenal apa itu web browser. Web browser adalah mesin pencari yang dapat Anda gunakan untuk mencari sebuah situs tertentu dengan menggunakan alamat website.

Dulu kita hanya mengenal satu macam web browser , yaitu Internet Explorer. Sekarang seiring perkembangan zaman dan teknologi, web browser tidak hanya satu, melainkan banyak jumlahnya. Apa sajakah macam web browser tersebut. Lihat catatan yang berikut ini

Dulu kita hanya mengenal satu macam web browser , yaitu Internet Explorer. Sekarang seiring perkembangan zaman dan teknologi, web browser tidak hanya satu, melainkan banyak jumlahnya. Apa sajakah macam web browser tersebut. Lihat catatan yang berikut ini

Web Browser dan Perkembangannya.

Jika dulu kita hanya mengenal Internet Explorer buatan Microsoft, dan jika kita menginstal windows pada computer kita mesin pencari tersebut sudah otomatis terpasang, sekarang macam web browser sudah dimodifikasi pembuatannya.

Jika dulu internet explorer menjadi andalan para pencari ilmu computer sekarang dengan menggunakan beberapa macam web browser Anda sudah dapat menjelajah ke berbagai penjuru dunia, bahkan ada beberapa web browser yang dapat diinstal di dalam handphone, beberapa diantaranya itu adalah :

1. Netscape : ini adalah salah satu browser tertua sebelum akhirnya IE muncul dan mendominasi windows
2. Mozilla firefox : Ini adalah mesin pencari nomer dua setelah Internet explorer. Dibandingkan IE, performa Mozilla lebih cepat dalam mencari situs dibandingkan IE. Kabarnya Mozilla firefox adalah web browser terbaik dan banyak orang yang menggunakannya untuk keperluan bisnis. Saat ini Firefox sudah meluncurkan web browser terbarunya dengan versi firefox 3.6.6
3. Opera dan Flock : kedua web browser ini lebih mendominasi pengguna telepon seluler dibandingkan untuk mesin pencari pada computer. Hampir disetiap produk Handphone, web browser ini telah siap terpasang. Opera adalah salah satu produk Internet yang dibuat oleh opera software Company. Opera kini semakin canggih mengingat kegunaannya semakin bertambah, yaitu dapat melakukan streaming music dan juga berbagi file dan foto
4. Safari : Produk ini diluncurkan oleh Apple. Untuk saat ini Safari belum terlalu dikenal oleh masyarakat karena hanya memiliki 4,46% pangsa pasar
5. Google chrome : chrome adalah salah satu produk Google. Produk ini pertama kali diluncurkan pada tanggal 2 september 2008. Chrome mempunyai tampilan layout yang sangat unik yang dapat diganti-ganti menyesuaikan iklim kota Anda, jika kota Anda mengalami hujan, maka tampilan layout Anda menggambarkan kondisi hujan. Dan ini langsung berganti saat itu juga

Macam web browser di atas adalah umum dipakai oleh masyaralat luas pada umumnya
sumber : http://www.anneahira.com

0 komentar:

Posting Komentar

by : 2008