Koneksi Internet dengan Dial-Up

Memulai Koneksi Dial-Up
Internet merupakan jaringan komputer yang sangat besar, agar bisa terhubung ke jaringan tersebut (internet), sebuah komputer membutuhkan perangkat keras (hardware) tambahan untuk bisa mengakses internet. Perangkat keras tersebut adalah modem dan telepon.Modem singkatan dari modulator demodulator, berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog (suara) dan mengubah sinyal analog (suara) menjadi sinyal digital. Pengubahan sinyal ini diperlukan karena menyambung komputer ke internet dengan modem memanfaatkan jalur telepon yang hanya bisa melewatkan sinyal analog (suara), sehingga pada saat komputer mengirim data ke internet sinyal digital dari komputer diubah menjadi sinyal analog (suara) oleh modem dan kemudian dikirimkan melewati jalur telepon. Di sisi penerima, sinyal analog (suara) dari jalur telepon diubah menjadi sinyal digital oleh modem agar bisa diterima oleh komputer penerima. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan satuan bits per second (bps) atau bit per detik. Modem yang banyak ditemui di pasaran kecepatannya 56 kilobits per second atau 56 kbps.
Ada 2 jenis modem, yaitu internal dan eksternal. Modem internal dipasang langsung di mainboard komputer (di dalam CPU), sedangkan modem eksternal dipasang di luar CPU (terpisah dengan komputer) dan dihubungkan ke CPU menggunakan kabel.
Jaringan telepon merupakan salah satu prasyarat untuk terhubung ke internet karena jalur telepon (kabel telepon) digunakan untuk meneruskan sinyal dari modem.
Sumber : http://setiawansaja.blogspot.com

Menghubungkan Komputer ke Internet dengan Telkomnet Instan
Kita dapat memilih koneksi yang ada sesuai dengan kebutuhan, kondisi, serta perangkat-perangkat yang kita miliki. Selain itu, sebelum dapat menghubungkan komputer ke internet, kita harus menyeting perangkat yang digunakan di komputer kita.
Menyeting Koneksi Dial-Up
Jika kita menghubungkan komputer dengan koneksi dial-up, kita harus memiliki nomor telepon, user ID, dan password. Nomor telepon disediakan oleh ISP yang kita gunakan. User ID dan password akan diberikan oleh ISP yang bersangkutan pada saat kita mendaftar menjadi pelanggan.

Berikut ini cara menghubungkan komputer ke internet menggunakan TelkomNet Instant.
-1. Dari menu start, pilihlah Setting dan kemudian klik Control Panel.
-2. Klik Network Connections.
-3. Untuk menam bahkan jenis koneksi baru ke jendela Network Connections, dalam hal ini koneksi menggunakan dial up, di bagian Network Tasks, klik Create a new connection.
-4. Klik tombol Next.
-5. Pilihlah Connect to the Internet. Kemudian klik tombol Next.
-6. Pilihlah Set up my connection manually. Kemudian klik tombol Next.
-7. Pilihlah Connect using a dial-up modem. Klik tombol Next.
-8. Bila di komputer yang digunakan terdapat lebih dari satu jenis modem, kita akan diminta untuk memilih modem yang akan digunakan. Pilihlah modem yang sesuai dengan koneksi dial-up. Kemudian klik tombol TelkomNet. Kemudian klik tombol next.
-9. Masukkanlah nomor telepon untuk akses internet. TelkomNet Instant menggunakan nomor 080989999. Klik tombol Next.
-10. Isikanlah User name dengan “telkomnet@instant”, Password dan Confirm password dengan “telkom”. Klik tombol Next.
-11. Untuk menambahkan shortcut TelkomNet Instant di desktop, berilah tanda cek di kotak cek Add a shortcut to this connection to my desktop. Kemudian klik tombol Finish untuk mengakhiri proses setting koneksi yang dilakukan.
-12. Klik tombol Dial jika kita ingin memulai koneksi ke internet dan klik tombol Cancel jika kita belum ingin memulai koneksi ke internet
Sumber : http://asriza.multiply.com

Langkah-langkah untuk memutuskan koneksi ke internet adalah sebagai berikut.
1. Klik ikon TelkomNet di taskbar.
2. Pada kotak dialog, kita dapat melihat lama koneksi dan kecepatan akses. Klik tombol Disconnect untuk menghentikan koneksi ke internet atau klik tombol Close untuk kembali bekerja dengan internet.
Sumber : http://asriza.multiply.com

0 komentar:

Posting Komentar

by : 2008